Rabu, 02 September 2015

Kuliner Bumi Manuntung


Bumi Manuntung merupakan sebutan dari Kota Balikpapan. Kota yang berada di daerah Kalimantan Timur itu mempunyai hari jadi pada tanggal 10 Februari 1897. Di Balikpapan Kuliner yang biasa ditemui berbahan dasar dari Seafood.
Seperti pada restaurant kenari yang menjual berbagai macam makanan berbahan dasar Kepiting, menu yang paling favorite bagi seluruh pengunjung adalah Kepiting saus asam manis. Perpaduan dari rasa manis asin dan asam dari saus dan kepiting sangatlah sempurna, membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Masih dengan makanan berbahan dasar kepiting, di Balikpapan hewan tersebut dijadikan sebuah buah tangan berupa abon yang biasa disebut Bonting atau abon kepiting. Mempunyai rasa yang lezat. Selain itu terdapat juga dendeng kepiting  dan stik kepiting. Harganya-pun juga lumayan murah, mengingat biaya hidup di kota ini cukup tinggi.

Berpindah dari kepiting, di Balikpapan juga terkenal sebuah rumah makan yang menjual seafood yang dimasak dengan cara dibakar, khususnya ikan. Rumah makan tersebut bernama RM. Haur Gading, terletak di Pasar Inpres Kebun Sayur ini. Menu yang paling terkenal enaknya di rumah makan ini adalah pepes patin–nya. Ikan patin yang diberi bumbu tertentu yang berwarna kuning, dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sampai matang sempurna ini, mempunyai rasa yang sangat enak sekali, bumbu kuning tersebut meresap pada daging ikan tersebut. Selain itu, ikan bakar rumah makan ini tidak kalah enaknya, rasa dari bumbu ikan yang gurih meresap pada daging ikan yang lembut sangatlah sempurna tempat ini buka dari jam 8 sampai habis terjual, sekitar jam 5 sore tapi, pepes patin ini sangat cepat terjualnya. Selain itu harga yang ditawarkan di rumah makan ini sangatlah murah.

Masih dengan makanan berbahan dasar ikan, di Balikpapan terdapat sebuah oleh – oleh yang sangat terkenal yaitu amplang pipih kuku macan. Makanan ini merupakan makanan yang bejenis seperti kerupuk. Makanan ini berasal dari ikan tengiri yang dibentuk menyerupai kuku macan merupakan oleh – oleh yang sangat terkenal di Balikpapan. Mempunyai rasa yang gurih dan lezat menjadikannya sebagai cemilan dirumah. Harga dari oleh – oleh ini bermacam – macam.

Beralih dari seafood, di Balikpapan ada sebuah oleh – oleh yang berasal dari daging durian yang diolah menjadi seperti dodol yang biasa disebut dengan lempok. Rasanya hampiri mirip dengan dodol atau jenang yang biasanya kita makan tetapi yang satu ini mempunyai rasa durian yang sangat mendominasi, cocok dijadikan teman minum teh.

Di Balikpapan juga ada oleh oleh yang berasal dari roti yang disebut dengan mantau, stan mantau tersbut berdiri di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Mantau tersebut biasanya dimakan dengan daging masak mente, perpaduan dari manis mantau dan gurihnya daging sangatlah sempurna. Harga dari satu porsi mantau cukup mahal tapi setara dengan rasanya.


Banyak sekali tempat makan di Balikpapan yang mempunyai cita rasa yang tinggi dan mempunyai tempat yang nyaman untuk makan siang ataupun bersantai. Beberapa tempat makan yang ada di Balikpapan biasanya bertempatan dipinggir pantai sehingga kita bisa menikmati pemandangan pantai pada saat kita makan. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan berkunjung ke Balikpapan dan merasakan Kuliner yang ada di Bumi Manuntung ini.

Sumber Foto: https://ardilamadi2.files.wordpress.com/2012/08/a0ce8-logokotabalikpapan.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar